Petani Perlu KATAM Untuk mengambil Keputusan Pertanian.

Dalam menjalankan usaha dibutuhkan alat bantu dalam mengambil keputusan, dan alat bantu tersebut diolah dari data dan menjadi informasi, informasi itu yang akan digunakan untuk mengambil keputusan. Begitu juga Petani Perlu Si Katam Untuk mengambil Keputusan Pertanian.

Yang dimaksud katam dalam hal ini adalah Kalender Tanaman yang disebut dengan KATAM atau SIKATAM, sistem informasi kalender tanaman. Dengan sistem informasi tersebut petani bisa mengambil keputusan kapan bertani yang tepat, tanaman apa yang tepat, pupuk apa yang tepat dan kondisi alam seperti apa.

Hal tersebut di atas dikarenakan dalam menjalankan usaha pertanian tak lepas dari kondisi alam, atau resiko alam. Oleh sebab itu dibutuhkan sistem informasi. Si Katam disusun dan disediakan oleh Departeman Pertanian, baik dalam bentuk web maupun aplikasi android menggunakan smartphone. Aplikasi tersebut akan memberikan bantuan berupa informasi diantaranya sebagai berikut:

Sebelum menggunakan aplikasi tersebut pilih wilayah dimana anda melakukan usaha pertanian, karena aplikasi pertanian bisa dilihat berdasarkan wilayah. Misalah wilayah Kediri atau Nganjuk dan kecamatan Lengkong.



Selanjutnya anda bisa memilih komoditas yang anda tentukan, seperti pupuk, jagung, kedelai dan lain lain. Selanjutnya rekomendasi pupuk yang tepat untuk usaha pertanian anda sesuai dengan komoditas yang anda pilih. Aplikasi Katam juga memberikan informasi kalender atau masa tanam yang tepat untuk komoditas petani, atau petani bisa menyesuaikan tanaman yang tepat atas dasar data dari aplikasi si katam. Dan petani juga bisa mengetahui informasi kerawanan kerawanan atau resiko resiko alam seperti kekeringan dan banjir, sehingga petani akan memahami resiko pertaniannya.

Untuk dapat memanfaatkan sistem informasi tersebut dapat diakses melalui:

web/pc di: http://katam.litbang.pertanian.go.id/main.aspx 

Atau install aplikasi android katam di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.litbang.katamterpadu&hl=in

Semoga dengan aplikasi si KATAM akan memudahkan petani untuk mengambil keputusan pertanian, sehingga resiko dapat diminimalisir dan petani lebih sejahtera. @biizaafarm.

Bantu bagikan jika bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.