Pertanian Sebagai Strategi Ekonomi Pasca Corona

Corona atau covid 19 telah berimbas ke berbagai kehidupan, diantaranya adalan ekonomi. Dengan adanya lockdown di beberapa negara dan distancing social maka berdampak akan melemahnya berbagai sektor industri baik sektor riel maupun financial terimbas. Dengan demikian dibutuhkan strategi suatu negara bertahan ekonomi untuk menghadapi resesi.




 

Dalam hal terjadi resesi ekonomi dunia yang berimbas kepada negara negara, maka suatu negara perlu memiliki jurus jitu untuk menghadapi resesi tersebut. Setidaknya tetap membuat stabil ekonomi di negaranya dari berbagai sektor terutama sektor yang berpengaruh terhadap pendapatan negara, pendapatan warga negara dan pemenuhan kebutuhan masyarakat.

Dalam kondisi resesi yang tetap dibutuhkan adalah pangan atau sumber pangan, karena pangan merupakan bahan pokok atau kebutuhan dasar yang harus dipenuhi oleh manusia. Dengan demikian yang paling mendasar untuk bertahan adalan di bidang pangan. Untuk itu pertanian merupakan salah satu sektor yang bisa digunakan atau diandalkan untuk mempertahankan ekonomi suatu negara.




Indonesia merupakan negara agraris, dengan demikian akan lebih mampu bertahan di bidang negara lain yang mengandalkan industri. Dengan pertanian yang sebelumnya sudah mapan dan bagus, maka akan membuat Indonesia tetap mampu bertahan diantara gelombang resesi ekonomi setelah terjadi pandemi corona atau covid 19. Untuk lebih mampu lagi, apabila Indonesia mampu meningkatkan produksi dan mensupplay kebutuhan pokok dunia. ( supriadi asia / biizaa.com ).

Bantu bagikan jika bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.