Smart Farming

Internet Of Things ( IoT ) Untuk Pertanian Cerdas atau Smart Farming.

Perkembangan teknologi bukan lagi menghubungkan antar manusia dengan manusia lain, tetapi sudah manusia dengan barang, barang dengan barang dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Perkembangan tersebut yang disebut dengan Internet Of Things, dan internet of things tersebut sampai pada dunia pertanian atau agro. Untuk itu biizaa farm aka memberikan pemahaman tentang Smart Farming yang di dalamnya ada IoT ( Smart Farming ) dan kali ini kita akan membahas beberapa hal sebabagai berikut:



  1. Apakah Interneto Of Things ( IoT ).
  2. Bagaimana Internet Of Things ( IoT ).
  3. Bagaimana Internet OF Things ( IoT ) Dalam Agriculture.
  4. Apliksi Internet Of Things Untuk Pertanian.
  5. Metode Implitasi Internet Of Things Untuk Pertanian.
  6. Hardware yang digungakan dalam IoT untuk pertanian.
  7. Kelebihan dan Kekurangan Smart Farmig.

Ke tujuh hal tersebut di atas yang akan kita sampaikan wawasan tentang internet of things. Berikut pembahasan ke tujuh hal tersebut di atas:

Yang pertana adalah IoT, merupakan kependekan dari kata Internet Of Things, yang artinya koneksi antar barang dengan sebuah perangkat dan sisterm informasi yang cerdas, tanpa campur tangan manusia dalam operasionalnya.

Mengapa menggunakan IoT, karena IoT merupakan mega trend yang harus diikuti apabila kita ingin tetap survive dan sukses. Karena dengan Internet Of Things akan mampu mengurangi biaya dan mampu meningkatkan pendapatan, sehingga apabila tidak menggunakan itu dapat diyakini akan ketinggalan dan tenggelam.



Iot telah berkembang secara cepat salah satu atau nomor dua di dunia adalah India, india dapat dikatakan negara sejajar dengan Indonensia, tetapi India sudah menerapkan Intenet Of Things, sehingga produk produk india mampu menguasai dunia. Khususnya pertanian.

Bagaimana aplikasi Smart Farming dalam Pertanian?

IoT dapat diaplikasikan di pertanian, mulai dari pengelolaan tanah, pengelolaan tanaman, pengendali halam, pasca panen, logistik hingga supply chain management, bagaimana produk pertanian bisa cepat dan murah ke meja makan konsumen.

Hardware yang dibutuhkan dalam IoT selain alat pertanian adalah sensor dan arduino, sebagai penyambung bahasa pemrograman dari alat denga aplikasi atau dashboar IoT. @biizaafarm.

Bantu bagikan jika bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.