Aplikasi Akuntansi Pertanian Memudahkan Petani Terukur Dan Berkembang

Pepatah mengatakan bahwa suatu usaha yang bisa diselesaikan masalanya dan bisa dikembangkan adalah usaha yang terukur. Artinya terukur itu terukur tujuannya, terukur targetnya, terukur kinerjanya dan terukur keuangannya. Begitu juga petani, oleh sebab itulah dibutuhkan Akuntansi Pertanian.

Akuntansi pertanian dapat digunakan untuk mengukur keuangan petani, baik sumber dana baik dengan modal maupun hutang, penggunaan dana, posisi keuangan dan perubahan modal juga rugi laba.




Sehingga keuntungan petani dengan menggunakan aplikasi akuntansi pertanian adalah sebagai berikut:

  1. Mengetahui sumber dananya darimana apakah dari modal sendiri, investor atau hutang.
  2. Mengetahui dana yang diperoleh digunakan untuk apa saja guna mendapatkan laba, digunakan untuk kas, untuk biaya pupuk, biaya tenaga kerja, biaya transportasi dan lain lain jadi jelas.
  3. Mengetahui posisi keuangannya, berapa kas yang masih tersisa, berapa modal awal dan akhirnya dan informasi informasi lainnya.
  4. Mengetahui rugi labanya, sehingga apabila rugi diketahui penyebabnya.

Akuntansi pertanian sangat penting bagi para petani untuk berkembang dan menyelesaikan masalahnnya. Apabila ingin berkembang dengan mengetahui posisi keuangannya, maka petani akan dapat menganalisa biaya apa saja yang bisa ditekan, dan dengan menekan biaya otomatis akan meningkatkan laba.

Juga mengetahui jika ada masalah kerugian, jika petani mengalami kerugian akan tahu letak kerugiannya dimana, apakah biaya tenaga kerja terlalu besar, atau harga jual, atau karena di luar manajemen, seperti alam. Sehingga petani tidak begitu gampang menyalahkan pihak lain.

Selain untuk diri sendiri petani, maka juga dapat digunakan untuk pihak lain, seperti investor atau kreditur ( peminjam ) dengan demikian bagi pihak yang memberikan pinjaman atau investor dapat membaca laporan keuangan petani dan akan mudah untuk memutuskan untuk memberikan pinjaman atau investasi pertanian tersebut.

Untuk itu Bank Indonesia telah mengeluarkan sebuah aplikasi yang dapat digunakan petani untuk mencatat keuangannya atau aplikasi akuntansi yang dapat digunaka petani agar lebih terukur dan mudah untuk dikembangkan dan diselesaikan masalah pertaniannya.




Aplikasi tersebut dalam bentuk aplikasi berbasis mobile atau android yang mudah digunakan oleh petani. Untuk menggunakan aplikasi tersebut bisa download Si Apik . Dan buku panduannya bisa didownload Buku Panduan Akuntansi Petani.


Silahkan ajukan pertanyaan, di komentar di bawah ini..

Bantu bagikan jika bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.